Skip to content

Tugas GSLC ANAPERBIS (BPR KEY ISSUES AROUND BPR AND THE EVOLUTION OF BPR FOR e-BUSINESS)

March 26, 2013

BPR (Business Process Reengineering)

Merupakan analisis dan desian ulang dari perusahaan. Business Process Reengineering ( BPR ) juga di kenal sebagai proses inovasi dan rekayasa ulang proses utama bisnis. Selain itu BPR terkadang di definisikan dengan nama-nama yang lain seperti : inovasi proses, rekayasa proses utama, analisa proses kerja dan peningkatan proses. Di dalamnya terjadi perubahan radikal proses bisnis untuk mendapatkan hasil kinerja dan pengurangan biaya. Dalam BPR meliputi proses-proses manajemen lainnya seperti: restrukturisasi, reorganisasi, delayering, TQM, perataan organisasi, downsizing, righsizing, peningkatan bisnis dan business enhancement.

Peran IT dalam implementasi BPR
Peran IT dalam implementasi BPR  adalah untuk menyusun rencana kerja yang berkelanjutan. BPR sendiri harus melakukan radikal ulang dan reorganisasi dari suatu perusahaan untuk menurunkan biaya dan menngkatkan kualitas layanan, dan dengan TI sebagai kunci untuk enabler perubahan yang radikal tersebut.

Pengertian E-Business
E-business adalah E-business (Inggris: Electronic Business, atau “E-business”) dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Istilah yang pertama kali diperkenalkan oleh Lou Gerstner, seorang CEO perusahaan IBM ini, sekarang merupakan bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi Internet. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal mereka secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Dalam penggunaan sehari-hari, E-business tidak hanya menyangkut e-commerce saja. Dalam hal ini, e-commerce lebih merupakan sub bagian dari E-business, sementara E-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari E-business, e-commerce lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.

Pelaku E-Business
– Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
Alat/Media/S umber Daya yang Digunakan
– Teknologi informasi dan komunikasi
– Komputer, data yang telah terkomputerisasi
– internet
Kegiatan Sasaran
– Kegiatan bisnis
– Proses bisnis utama
– Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi
– Operasi bisnis utama
Tujuan
– Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi
– Transformasi proses bisnis
– Sharing informasi
Keuntungan
– Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
– Memberikan nilai bisnis yang berbeda
– Efisien
– Peningkatan produktivitas dan keutungan
Contoh: Harian Kompas yang juga memiliki e-bisnis Kompas Online. Kompas menjalankan
proses bisnis utamanya berupa penyediaan berita dan distribusinya, tidak lagi hanya melalui
media cetak saja tetapi juga melalui internet. Keutungan yang dapat diberikan Kompas online
dapat diakses oleh seluruh penduduk di Indonesia (bahkan dunia), up to date, memangkas
biaya kertas, dapat diakses 24 jam, dll.

BPR untuk e-bisnis
diperkenalkan dan sifatnya menjelaskan.
prinsip dan taktik
redesign dari proses e-bisnis dengan meletakkan kerangka disebut loop kecepatan e-bisnis.
metodologi
untuk bagaimana proses rantai pasokan kolaboratif untuk e-bisnis dapat redesign.
TI integrasi option
untuk e-proses bisnis dan juga menguraikan tantangan implementasi tambahan yang datang dengan transformasi organisasi untuk e-bisnis

Brick & Mortar
Brick and Mortar adalah proses penjualan atau sistem bisnis dimana konsumen melakukan transaksi (memilih, membeli, dan mendapatkan barang) pada toko-toko atau dealer-dealer dengan mendatangi tempat secara langsung.
Click and Mortar adalah proses penjualan atau sistem bisnis dimana konsumen melakukan transaksi (memilih dan membeli barang) melalui internet kemudian melakukan pengambilan barang dengan mendatangi tempat (toko atau dealer).
Contoh:
Gramedia
Gramedia merupakan toko buku. Pada awalnya gramedia melakukan sistem penjualan dengan sistem offline. Namun seiring perkembangan zaman, maka Gramedia mengembangkan sistem penjualannya menggunakan sistem online. Pada awalnya sistem baru ini tidak terlalu signifikan terhadap tingkat penjualan, tapi seiring dengan waktu, maka sistem online ini dapat diterima dengan baik, dan telah terlihat signifikan terhadap penjualannya. Target skenario yang dipakai Gramedia adalah Blanket Targeting ( menggunakan sistem online 50% dan offline 50% ).

Bagaimana memanage e-process?

Supply chain model proses

rantai pasokan model proses
berevolusi ke bentuk struktural yang berbeda yang lebih menguntungkan untuk e-bisnis.

konektivitas Internet dimana mana
dari internet dan kebutuhan untuk mengatur proses supply chain yang berbeda untuk e-bisnis telah melahirkan sebuah perusahaan bentuk baru yang disebut portal.

bentuk pengorganisasian
di mana e-proses memiliki keutamaan atas proses fisik, dan
proses bisnis fisik rebundled dan didesain ulang di seluruh e-proses.

Setiap perusahaan dalam rantai pasokan
akan bertanggung jawab untuk melaksanakan proses yang melakukan yang terbaik sampai ke pelanggan.

portal di dunia e-bisnis
titik akses terkoordinasi dalam bentuk sebuah situs web yang menyediakan solusi dan layanan alat, pengetahuan dan informasi, atau perangkat lunak.

vertical portal
menargetkan industri tertentu (untuk industri kimia misalnya) sedangkan portal horisontal menyediakan jenis layanan tertentu untuk pasar yang lebih luas (misalnya, menyediakan peta online untuk konsumen, agen perjalanan, dan perusahaan penyewaan mobil).

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: